Apa itu Sketchup (dan Bagaimana Cara Menggunakannya)

 

Apa Itu Sketchup?

SketchUp adalah aplikasi pemodelan 3D intuitif yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit model 2D dan 3D dengan metode "Dorong dan Tarik" yang dipatenkan. Alat Dorong dan Tarik memungkinkan desainer untuk mengekstraksi permukaan datar apa pun menjadi bentuk 3D. Yang harus Anda lakukan adalah mengeklik sebuah objek dan kemudian mulai menariknya hingga Anda menyukai apa yang Anda lihat.

SketchUp adalah program yang digunakan untuk berbagai proyek pemodelan 3D seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, dan desain video game, untuk beberapa kegunaannya.

Program ini mencakup fungsi tata letak gambar, rendering permukaan, dan mendukung plugin pihak ketiga dari Gudang Ekstensi . Aplikasi ini memiliki berbagai macam aplikasi, termasuk dalam dunia arsitektur, desain interior, lansekap, dan desain video game. Sketchup juga meraih kesuksesan dengan orang-orang yang ingin membuat, berbagi, atau mengunduh model 3D untuk digunakan dengan printer 3D.

Sketchup dibuat pada tahun 1999 oleh @Last Software. Pada tahun 2006, Google mengakuisisi SketchUp setelah @Last Software membuat plugin untuk Google Earth yang menarik perhatian raksasa teknologi tersebut. Pada 2012, Trimble Navigation (sekarang Trimble Inc.) mengakuisisi Sketchup dari Google dan memperluas aplikasi dengan meluncurkan situs web baru yang menghosting plugin dan ekstensi.


Apa Saja Versi Sketchup yang Berbeda?

SketchUp hadir dalam tiga versi berbeda untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda:

  • SketchUp Make: SketchUp Make adalah versi freeware yang dapat Anda unduh setelah mendaftar untuk mendapatkan akun gratis. Make dapat digunakan secara gratis untuk penggunaan di rumah, pribadi, dan pendidikan, dan dimulai dengan uji coba gratis SketchUp Pro selama 30 hari. Meskipun Make tidak lagi diperbarui setelah rilis November 2017, Anda masih dapat mengunduh penginstal untuk digunakan di komputer Anda.
  • SketchUp Pro: SketchUp Pro ($ 695) adalah versi premium dari perangkat lunak. Ini berisi fungsionalitas tambahan seperti kemampuan untuk mengimpor dan mengekspor berbagai format file, akses ke perangkat lunak dokumentasi 2D, alat tata letak, dan Style Builder yang memungkinkan Anda membuat gaya tepi kustom untuk model.
  • SketchUp Gratis: Penerus Make, SketchUp Gratis dirilis pada November 2017 sebagai aplikasi berbasis web. Untuk menggunakannya, Anda harus mendaftar ID Timble gratis dengan alamat email yang valid. SketchUp Free tidak memiliki banyak fitur yang dimiliki Pro , tetapi jika Anda hanya membuat dan melihat model 3D untuk penggunaan pribadi (atau mencari sesuatu yang dapat dicetak ke printer 3D Anda), ini adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Photoshop itu???

- Kursus Komputer Bantul-

Kursus GRATIS