BANYAK YANG TIDAK TAU DENGAN KATA "CLUE"

Clue adalah kata yang sering kita dengar atau baca, terutama dalam konteks misteri, teka-teki, atau permainan. Tapi apa sih sebenarnya arti clue itu?

Menurut kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia, clue adalah petunjuk, penanda, tanda, gelagat, atau kunci teka-teki. Clue juga bisa berfungsi sebagai kata kerja yang berarti memberi petunjuk. Clue bisa digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang membantu kita menemukan jawaban, solusi, atau penjelasan dari suatu masalah, pertanyaan, atau kejadian.

Contoh penggunaan clue sebagai kata benda adalah:

  • Aku menemukan sebuah clue di lantai kamar mandi. Ada bekas darah di ubin. (I found a clue on the bathroom floor. There was blood on the tiles.)
  • Dia memberikan clue untuk teka-teki silangnya. Kata pertama adalah nama bunga yang berwarna kuning. (She gave a clue for her crossword puzzle. The first word is the name of a yellow flower.)
  • Polisi masih mencari clue tentang identitas pelaku pembunuhan itu. (The police are still looking for clues about the identity of the murderer.)

Contoh penggunaan clue sebagai kata kerja adalah:

  • Dia clued aku tentang rencana pesta kejutan untuk ulang tahunnya. Dia bilang dia mau pergi ke bioskop hari Sabtu. (She clued me in on her surprise birthday party plan. She said she wanted to go to the cinema on Saturday.)
  • Kamu harus clue dia bahwa kamu suka padanya. Beri dia bunga atau cokelat. (You have to clue him in that you like him. Give him flowers or chocolates.)
  • Aku tidak tahu apa yang harus kulakukan. Bisakah kamu clue aku? (I don’t know what to do. Can you clue me in?)

Clue adalah kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu clavis yang berarti kunci. Kata ini masuk ke dalam bahasa Inggris melalui bahasa Prancis Kuno, yaitu clef atau cleu. Kata ini awalnya digunakan untuk menyebut benang yang digunakan oleh Theseus untuk menemukan jalan keluar dari labirin Minotaur dalam mitologi Yunani. Kemudian, kata ini berkembang menjadi arti yang lebih umum sebagai petunjuk atau tanda untuk menemukan sesuatu yang tersembunyi atau tidak diketahui.

Nah, itu dia arti clue dan contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Photoshop itu???

- Kursus Komputer Bantul-

Kursus GRATIS