Cara Merawat Komputer



 Tips merawat dan membersihkan komputer atau Laptop dengan benar :

1. Menutup Program yang Tidak Dipakai

Dalam mengoperasikan komputer hendaknya kita menutup program atau aplikasi yang sekiranya tidak digunakan. Hal ini bertujuan pada saat program yang tidak diperlukan dijalankan akan membutuhkan memory (RAM) ini menyebabkan semakin banyak suatu program yang dijalankan maka semakin banyak pula memory yang teerpakai.

2. Suhu yang Sedang

Sebaiknya suhu jangan terlalu panas dan alangkah lebih baik ruangan diletakanya komputer terdapat ventilasi yang cukup. Jangan lupa juga pasang kipas angin dekat CPU dan Monitor agar tidak cepat panas. Hal ini akan mencegah terjadinya pemanasan pada perangkat komputer dan jika terlalu panas akan rusak.

3. Instal Antivirus dan Selalu Update

Agar kita dapat terhindar dari berbagai macam virus baru maka kita wajib untuk selalu mengupdate antivirus secara berkala. Jika komputer sudah terjangkit virus berbahaya dan tidak bisa disembuhkan dengan antivirus maka kita dapat menginstall ulang.

4. Bersihkan Komputer

Sangat bijak jika anda selalu membersihkan komputer terutama CPU misalnya dalam 3 Bulan sekali atau paling tidak 6 Bulan sekali membersihkanya.

Jika terlalu lama tidak dibersihkan dikhawatirkan akan banyak debu yang menempel dan akan membuat komputer menjadi rusak.

5. Mematikan Komputer dengan Benar

Sebaiknya mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar yaitu dengan menekan tombol windows lali pilih menu shutdown.

Jangan sesekali mencabut kabel listrik dari tempatnya atau langsung menekan tombol power pada CPU.

6. Membesihkan File Sampah

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui cara menghapus file atau folder dengan benar, Sesungguhnya file atau folder yang telah dihapus tidak langsung terhapus dari data, akan tetapi file tertampung pada Recycle Bin.

Hal ini bertujuan untuk suatu waktu jika pengguna komputer tersebut untuk mengembalikan data yang terhapus maka bisa mengunjungi Recycle Bin dan klik Restore.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Photoshop itu???

- Kursus Komputer Bantul-

Kursus GRATIS