Fungsi, dan Kelebihannya dalam Dunia Desain

 CorelDRAW adalah software pengolah grafis yang memiliki kegunaan untuk membantu pekerjaan desainer. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan yang berbasis di Ottawa, Kanada. Dikutip dari situs web resminya, Corel membantu lebih dari 90 juta pekerja untuk menjadi lebih kreatif dan produktif melalui produk-produk mereka.

Corel didirikan pada 1985 atau kenyang pengalaman dalam industri ini lebih dari 30 tahun. Dikutip dari dokumen bertajuk A Short History of CorelDRAW Celebrating 20 Years of Innovation in Design, CorelDRAW versi pertama dirilis pada 1989 dan bernama CorelDraw 1.0. Software ini berjalan di sistem operasi Windows 2.1 Sementara itu, CorelDRAW versi terbaru adalah CorelDRAW Graphics Suite 2021.

Kelebihan CorelDRAW

CorelDRAW adalah salah satu andalan software para desain grafis. Software ini sangat mudah digunakan dan bisa dipelajari dengan cepat. Berikut kelebihan CorelDRAW:

1. Mudah untuk Digunakan

CorelDRAW memberi kemudahan bagi para penggunanya saat dioperasikan. Salah satunya dengan fitur help dan bantuan online. Tampilan dari CorelDRAW juga sangat memanjakan mata dan membuat segala fiturnya mudah dipelajari.

2. Format File untuk Import dan Export Cukup Lengkap

CorelDRAW bisa menggunakan banyak format untuk keperluan import maupun export data, bahkan CorelDRAW menyediakan format AI. Hal ini memungkinkan pengguna CorelDRAW membuka filenya di Adobe Illustrator. Adobe Illustrator adalah salah satu rivalnya. Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlaku sebaliknya, dari Adobe Illustrator ke CoreDRAW.

3. Banyak Tools yang Bisa Digunakan

Tools yang disediakan di CorelDRAW sangat beragam dan memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa tools yang ada di CorelDRAW adalah selectionediting, dan juga pemberian efek. Itulah alasan pengguna CorelDRAW akan dimudahkan untuk menghasilkan gambar yang bagus dan menarik. Para pengguna CorelDRAW juga bisa menggunakan berbagai toolbox tersebut sesuai kebutuhan tanpa harus ragu dengan kualitasnya.

4. Bentuk Dasar yang Mudah Dibuat

Keunggulan CorelDRAW adalah memungkinkan kalian untuk membuat bentuk dasar dengan mudah. Melalui aplikasi ini, kalian bisa membuat bentuk dasar yang kemudian bisa dikembangkan menjadi emoji, sketsa kartun, hingga stiker dengan beragam bentuk. Kalian hanya perlu drag dan drop beberapa bentuk seperti lingkaran, persegi panjang, elips, garis, oval, dan lain-lain.

5. Membuat Kartu Undangan Kecil

Keunggulan lain dari CorelDRAW adalah dapat membuat desain kartu undangan kecil. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa mendesain sendiri kartu undangan kecil dengan tampilan sesuai selera. Terdapat berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk membuat kartu undangan yang menarik. Bukan hanya itu, CorelDRAW juga dilengkapi dengan pilihan warna yang beragam, sehingga kalian bisa memadukan warna sesuai keinginan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa sih Photoshop itu???

- Kursus Komputer Bantul-

Kursus GRATIS